Rabu, 29 Oktober 2014

FA'IL DAN NAIBUL FA'IL

MAKALAH
FA’IL DAN NAIBUL FA’IL
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
 Bahasa Arab I
Dosen Pembimbing :
Nuruddin, M.Pd.I
Disusun Oleh:
Nurjannahtun Naimah       (084142083)
Muhlisin                           (084142085)
Shakir Abdul Gani            (084142086)
Siti Mashlahah Al fikri      (084142100)
Ahmad Zaini                     (084142107)
Iftitah Ayu Lutfi               (084142111)
Siti Ainun Nia                   (084142112)
Imam Hambali                  ( 084142116)


FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
(IAIN) JEMBER

OKTOBER, 2014

أ‌.       القراءة
الْمَكْتَبُ
فِيْ كُلِّ جَامِعَةٍ مَكْتَبٌ خَاصٌ يَقُوْمُ بِتَنْظِيْمِ الشُّؤُوْنِ الْإِدَارِيَّةِ. إِذَا دَخَلْتَ اِلَى مَكْتَبٍ مَا رَأَيْتَ فِيْهِ كَثِيْرًا مِنَ الْمُوَظِّفِيْنَ. لِأَنَّهُمْ يَدْخُلُوْنَ فِيْ السَّابِعَةِ صَبَاحًا وَيَخْرُجُوْنَ فِيْ السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ نَهَارًا. يَرْأُسُ هَذَا الْمَكْتَبَ رَئِيْسُ الْإِدَارَةِ وَهُوَ يَرْأُسُ كُلَّ فَرْعٍ مِنْ فُرُوْعِ الْأَعْمَالِ وَهِيَ قِسْمُ الشُّؤُوْنِ التَّوْظِيْفِيَّةِ وَالْمَالِيَّةِ وَقِسْمُ الشُّؤُوْنِ الْلأَكَادِيْمِيَّةِ. وَكُلٌّ يَعْمَلُ عَلَى شَاكِلَتِهِ يَعْنِى أَنَّ الْمُوَظِّفِيْنَ مُوَزَّعُوْنَ عَلَى حَسَبِ الْأَعْمَالِ الَّتِى يَؤُدُّوْنَهَا. وَكُلُّ مُوَظِّفٍ يَجْلِسُ فِيْ مَكْتَبٍ خَاصٍ.
ب‌.   الترجمة
Dalam setiap universitas terdapat kantor yang menyelenggarakan urusan administratif khusus. Ketika kamu masuk ke kantor apa saja, kamu melihat beberapa karyawan. Karena mereka masuk pada jam 07:00 pagi dan pulang pada jam 02:00 siang. Kantor ini dipimpin kepala departemen, yang memimpin setiap cabang divisi yang berupa administrasi kepegawaian, keuangan dan bagian akademik. Semua bekerja pada tugasnya masing-masing yaitu setiap karyawan didistribusikan sesuai dengan tindakan yang dilakukan oleh mereka. Setiap karyawan duduk di kantor pribadi.

ج‌.  مفرداة
جَامِعَةٌ
Universitas
فَرْعٌ ج فُرُوْعٌ
Cabang
مَكْتَبٌ
Kantor
الشُّؤُوْنَ التَّوْظِيْفِيَّةِ وَالْمَالِيَّةِ
Administrasi kepegawaian dan keuangan
بِتَنْظِيْمِ
Dengan mengatur
شَاكِلَتِهِ
Tugas masing-masing
الشُّؤُوْنَ
Kebutuhan
مُوَزَّعُوْنَ
Dibagi-bagi
الإِدَارِيَّةَ
Perkantoran
حَسْبِ الأَعْمَالِ
Sesuai dengan pekerjaan
يَرْأُسُ
Mengepalai,memimpin
يَؤُدُّوْنَ
Melaksanakan
رَئِيْسُ الإِدَارَةِ
Kepala kantor
خَاصٌ
Tertentu



د‌.      القواعد
الفاعل والنائب الفاعل
A.    FA’IL
1.      Pengertian Fa’il
لغة: من أوجد الفعل[1]
أوجد
·       Menciptakan, membuat, menjadikan (الخلق)
·       Menyebabkan           
·       Mendatangkan
·       Menguatkan
·       Menjadikan kaya
اصطلاحا: هو الإسم المرفوع المذكور قبله فعله
في كتاب الأخر: اسم مرفوع يقع بعد فعل التام المبني للمعلوم او شبهه واسند إليه [2]
Fa’il adalah isim yang dibaca rafa’ yang jatuh setelah fi’il mabni ma’lum atau diserupakan fi’il mabni ma’lum.[3]
الْفَاعِلُ الَّذِيْ كَمَرْفُوْعَيْ أَتَى # زَيْدٌ مُنِيْرًا وَجْهُهُ نِعْمَ الْفَتَى نظم الفية

2.      Syarat-syarat Fa’il
Syarat-syarat fa’il yaitu:
a.       Berupa isim shorih (dhohir, dlomir baik bariz atau mustatir, isyaroh, dan maushul) dan muawwal/ dita’wil baik dengan alat-alat mashdariah ataupun أَنَّ، إنَّ, seperti: جَاءَ زَيْدٌ، يَحْسُنُ أَنْ تَحْفَظَ الْقُرْآنَ
b.      Hukumnya wajib rafa’ baik harakat maupun hurufnya, seperti: جَاءَ زَيْدٌ، جَاءَ زَيْدَانِ، جَاءَ زَيْدُوْنَ
c.       Jatuh setelah fi’il yang sempurna, mabni ma’lum atau serupa fi’il mabni ma’lum, seperti: هَذَا جَمِيْلٌ وَجْهُهُ، كَتَبَ زَيْدٌ الدَّرْسَ
d.      Fa’il dhohir muannats haqiqi (nyata perempuan) madlinya harus diberi تأتأنيث الساكنة, seperti: قَالَتْ فَاطِمَةٌ
e.       Fa’il dhohir, baik mufrod, tatsniyah maupun jama’, maka fi’ilnya tidak boleh ada tanda tatsniyah dan jama’nya (fi’ilnya tetap mufrod/ tunggal), seperti:
 يَفُوْزَ الشُّهَدَاءُ, جَاءَ الزَّيْدَانِ
f.       Bila fa’ilnya berupa dlomir muannats, baik haqiqi ataupun majazi, maka fi’il madlinya harus diberi تأتأنيث الساكنة, seperti: الشَّمْسُ طَلَعَتْ، الْمُسْلِمَةُ قَامَتْ

3.      Pembagian Fa’il
a.       Fa’il isim shorih
1)      Fa’il isim dhohir
وهو ما دل على مسماه بلا قيد
Yaitu kalimat yang menunjukkan terhadap yang dinamainya tanpa disertai qoyyid (ketentuan takallum khitob dan ghoib).
Contoh: يَضْرِبُ زَيْدٌ، ضَرَبَ زَيْدٌ
Alasan/ dalil:
وَقَسَّمُوْهُ ظَاهِرًا وَمُضْمَرَا # فَالظَّاهِرُ اللَّفْظُ الَّذِى قَدْ ذُكِرَا نظم العمرطي
2)      Fa’il isim dlomir
هو ما دل على متكلم أو مخاطب أو غائب
Yaitu lafadz yang menunjukkan kepada pembicara atau orang yang diajak bicara atau orang yang dibicarakan.
Contoh: ضَرَبْتُ، ضَرَبْتَ
Alasan/ dalil:
وَبَعْدَ فِعْلٍ فَاعِلٌ فَإِنْ ظَهَرْ # فَهُوَ وَإِلَّا فَضَمِيْرٌ انِ سْتَتَرْ نظم الفية
Macam-macam dlomir yang bisa dijadikan fa’il ada 2:
a)      Dlomir Bariz
هو ما له صورة في الفظ كنحن ونحوها
Yaitu dlomir yang memiliki bentuk untuk diucapkan, seperti نحن dan lainnya.
1.      Muttashil
هو الذى لايفتتح به النطق ولايقع بعد إلا اختيارا
Adalah dlomir yang tidak bisa dibuat permulaan dan tidak boleh jatuh setelah إلا selagi tidak dlorurot.
Seperti dlomir ta’ (ت) dari قُمْتُ
Alasan/ dasar:
.................. # قَامُوْا وَقُمْنَ نَحْوُ صُمْتُمْ عَامَا
وَهَذِهِ ضَمَائِرُ مُتَّصِلَةْ # ......................... نظم العمرطي


2.      Munfashil
هو الذى يفتتح به النطق ويقع بعد إلا
Adalah dlomir yang bisa dibuat di permulaan atau boleh jatuh setelah إلا. Seperti dlomir أنا yang jatuh setelah إلا (لَمْ يَقُمْ إِلَّا أَنَا).
Alasan/ dalil:
................... # وَمِثْلُهَا الضَّمَائِرُ الْمُنْفَصِلَةْ
كَلَمْ يَقُمْ إِلَّا أَنَا وَأنْتُمُ # وَغَيْرُ دَيْنِ بِالْقِيَاسِ يُعْلَمُ نظم العمرطي
b)      Dlomir Mustatir
هو ماليس له صورة في اللفظ
Dlomir yang tidak memiliki bentuk ketika diucapkan.
Contoh: زَيْدٌ ضَرَبَ
1.      Jawaz
هو الذي يمكن أن يحل الظاهر محله
Dlomir yang mungkin bisa ditempati isim dhohir.
Contoh: زَيْدٌ ضَرَبَ اى زَيْدٌ dan هُوَ ضَرَبَ اى هُوَ
2.      Wujub
هو الذي لايمكن أن يحل الظاهر ولاالضمير البارز معلمه
Dlomir yang tidak mungkin bisa ditempati isim dhohir dan dlomir.
Contoh: إِضْرِبْ اى أَنْتَ
c)      Fail Isim Mubham  (isim yang disamarkan ma’nanya)
1.      Isim isyaroh
وهو مايدل على معين بواسطة إشارة حسية باليد ونحوها
Isim yang menunjukan sesuatu yang jelas dengan perantara isyaroh hissy, yakni menggunakan tangan atau semacamnya.
Contoh: كَتَبَ هَذَا الطَّالِبُ
Tingkatan musyar ilaih (yang di isharohi):
a)      Musyar ilaih qorib (yang dekat), semacam ini menggunakan isim isyaroh yang tidak kemasukan huruf kaf  atau lam.
Contoh: هَذَا الرَّجُلُ
b)      Musyar ilaih mutawasith (tidak jauh dan tidak dekat), semacam ini menggunakn isim isyaroh yang kemasukan huruf kaf.
Contoh: ذَاكَ الرَّجُلُ
c)      Musyar ilaih ba’id (yang jauh), semacam ini menggunakan isim isyaroh yang kemasukan kaf dan lam atau isim isyaroh.
Contoh: ذَالِكَ الرَّجُلُ

2.      Isim maushul
هو مايدل على معين بوسطة جملة أو شبه جملة
Adalah isim yang menujukan arti tertentu dengan perantara jumlah atau syibh jumlah.
Contoh: كَتَبَ الَّذِيْ يَفْطَنَ
b.      Fa’il muawwal bishorih
هو الفعل المضارع الذي تدخل عليه الأدوات المصدرية وهي أنْ أنّ كي ما لو
Yaitu fi’il mudlori’ yang kemasukan perabot masdar, seperti أنْ، أنَّ، كَيْ، مَا، لَوْ
Contoh: يَحْسُنُ أنْ تَحْفَظَ الْقُرْأنَ

B.     NAIBUL FA’IL
1.      Pengertian Naibul Fa’il
هو اسم مرفوع يقع بعد الفعل المتعدى المبني للمجهول أو شبهه.[4]
Adalah isim yang dibaca rafa’ yang jatuh setelah fi’il mabni majhul atau yang diserupakan dengan fi’il mabni majhul.[5]
يَنُوْبُ مَفْعُوْلٌ بِهِ عَنْ فَاعِلِ # فِيْمَا لَهُ كَنِيْلَ خَيْرُ نَائِلِ نظم الفية
Dalam kitab lain disebutkan definisi dari naibul fa’il ialah:
هو المفعول الذي يقوم مقام فاعله في جميع أحكامه بعد حذف الفاعل لغرض من الأغراض.[6]
Ialah maf’ul yang menempati kedudukan fa’il dalam setiap hukum-hukumnya setelah fa’ilnya dibuang karena maksud dan tujuannya sudah diketahui.
Contoh: خُلِقَ الْإِنْسَانُ ضَعِيْفًا
Asal dari kalimat diatas adalah خَلَقَ اللهُ الْإِنْسَانَ ضَعِيْفَا,lafadz  اللهyang berkedudukan sebagai fa’il dalam kalimat tersebut dibuang karena maksudnya sudah diketahui bahwa yang menciptakan manusia adalah Allah, sedangkan lafadz  الإنسان yang awalnya sebagai maf’ul bih dan dibaca nashob beralih status menjadi naibul fa’il (pengganti fa’il yang dibuang) dan dibaca rofa’.
أَقِمْ مَقَامَ الْفَاعِلِ الَّذِيْ حُذِفْ # مَفْعُوْلَه فِيْ كُلِّ مَالَهُ عُرِفْ نظم العمرطي



2.      Syarat-syarat Naibul Fa’il
Syarat-syarat naibul fa’il yaitu:
a.       Fi’ilnya berupa muta’addi (butuh objek), seperti: تَعَلَّمَ زَيْدٌ الدَّرْسَ
b.      Fa’ilnya dibuang.
c.       Fi’ilnya dimabnikan majhul, dengan ketentuan:
1.      Jika fi’il madli mujarrod, maka huruf pertama di dlommah dan huruf sebelum akhir di kasroh (ضم أوله وكسر ماقبل الأخر) , seperti: ضَرَبَ menjadi ضُرِبَ
2.      Jika fi’il mudlori’, maka huruf pertama di dlommah, sebelum akhir di fathah (ضمة أوله وفتح ماقبل الأخر), seperti: يَفْعُلُ menjadi يُفْعَلُ
3.      Jika berupa fi’il madli mazid, maka setiap huruf yang berharakat di dlommah, sebelum akhir di fathah, dan huruf terakhir sesuai kemabniannya, seperti: تَفَاعَلَ menjadi تُفُوْعِلَ, إِسْتَفْعَلَ menjadi أُسْتُفْعِلَ
d.      Menempatkan maf’ul bih (objek) ke tempat fa’il (subjek) yang dibuang dan mengikuti hukum fa’ilnya yang dibuang (rafa’, baik harakat ataupun hurufnya), seperti: ضَرَبَ زَيْدٌ عَمْرًا menjadi ضُرِبَ عَمْرٌ

3.      Pembagian Naibul Fa’il
a.      Naibul Fa’il Isim Shorih
Naibul fa’il isim shorih dibagi menjadi 3, yaitu:
1)      Naibul fa’il isim dhohir
Contoh: ضُرِبَ زَيْدٌ (Zaid telah dipukul)
              يُضْرَبُ زَيْدٌ (Zaid sedang/ akan dipukul)
Dalil/ alasan:
وَذَاكَ إِمَّا مُضْمَرٌ أَوْ مُظْهَرُ # ثَانِيْهِمَا كَيُكْرَمُ الْمُبَشَّرُ نظم العمرطي
2)      Naibul fa’il isim isyaroh
Contoh: كُرَمَ هَذَا الْعَالِمُ (Guru ini telah dimuliakan)
              يُكْرَمُ هَذَا الْعَالِمُ (Guru ini sedang/ akan dimuliakan)
3)      Naibul fa’il isim maushul
Contoh: ضُرَبَ مَنْ يُكْرِمُ (Seseorang yang dimuliakan telah dipukul)
              يُضْرَبُ مَنْ يُكْرِمُ (Seseorang yang dimuliakan sedang/ akan dimuliakan)
b.      Naibul Fa’il Isim Dlomir
Naibul fa’il isim dlomir dibagi menjadi 2, yaitu:
1)      Naibul fa’il isim dlomir bariz
Naibul fa’il isim dlomir bariz juga dibagi menjadi 2, yaitu:
a.      Dlomir muttashil
Contoh: دُعِيْنَا، دُعِيْتُ
b.      Dlomir munfashil
Contoh: مَايُدْعِى إِلَّا أَنْتَ، مَادُعِى إِلَّا أَنَا
Dalil/ alasan:
أَمَّا الضَّمِيْرُ فَهُوَ نَحْوُ قَوْلِنَا # دُعِيْتُ أُدْعى مَا دُعى إِلَّا أَنَا نظم العمرطي
2)      Naibul fa’il isim dlomir mustatir jawaz
Contoh: أَسَارِقُ ضُرِبَ
c.       Naibul Fa’il Masdar Muawwal
شرطه: إن كان نائب الفاعل مركبا من أن مصدرية والمضارع
Syaratnya apabila naibul fa’il tersusun dari أنْ masdariah dan fi’il mudlori’.
Contoh: يُضْرَبُ أنْ تَفْعَلَ
d.      Naibul Fa’il Syibh Jumlah
شرطه: إن كان الفعل لازما
Naibul fa’il syibh jumlah dibagi 2, yaitu:
1)      Jar Majrur
Huruf jer dan isim yang dijerkan (majrur) bisa dijadikan naibul fa’il apabila memiliki 2 syarat, yaitu:
a.      Muhtash
Yaitu apabila majrurnya berupa isim ma’rifat.
b.      Huruf jernya tidak menujukan ma’na ta’lil
Contoh: سِيْرَ بِزَيْدٍ (ditempuh perjalanan dengan bertemu Zaid)
2)      Dhorof
Dhorof  bisa dijadikan naibul fa’il  dengan 2 syarat, yaitu:
a.       Dhorof yang mutashorrif
Yaitu dhorof yang bisa keluar dari dibaca nashab dengan ditarkib dhorfiyah (maf’ul fih).
Contoh: جُلِسَ أَمَامُ زَيْدٍ (depannya Zaid diduduki)
b.      Dhorof yang muhtash
Yaitu dhorof yang ma’nanya sudah ditentukan, adakalanya dengan idlofah, sifat, atau ‘alamiyah (dijadikan nama).
Contoh: سِرْ يَوْمُ الْجُمْعَةِ (ditempuh perjalanan pada hari jum’at)
              جُلِسَ أَمَامُكَ (tempat di depanmu telah diduduki)
Alasan/ dalil:
أَوْمَصْدَرَ أَوْظَرْفًا أَوْمَجْرُوْرًا # إِنْ لَمْ تَجِدْ مَفْعُوْلَهُ الْمَذْكُوْرَا نظم العمرطي
وَقَابِلُ مِنْ ظَرْفِ أَوْمِنْ مَصْدَرِ # أَوْحَرْفِ جَرٍّ بِنِيَبَةٍ حَرِى نظم الفية


ه‌.    تدريبات
أجب عن الأسألة الأتية!
1.    كَمْ سَاعَةً هُمْ يَدْخُلُوْنَ؟
2.    كَمْ سَاعَةً هُمْ يَخْرُجُوْنَ؟
3.    مَنْ فِيْ الْمَكْتَبِ؟
4.    أُذْكُرْ فُرُوْعِ الْاَعْمَالِ؟
5.    مَنْ يَرْأُسُ هَذَا الْمَكْتَبُ؟
6.    مَنْ يَجْلِسُ أَمَامَ مَكْتَبٍ خَاصٍ؟


[1] Syekh Syarifuddin Yahya, Syarh ‘Imrithi, bab marfu’atul asma’, hal. 32.
[2] A. Shohib Khaironi, Audlohul Manahij, hal. 161.
[3] Abdul Haris, Metode Dasar Nahwu Sharaf, hal. 65.
[4] A. Shohibul Khairon, Audlohul Manahij, hal.165
[5] Abdul Haris, Metode Dasar Nahwu Shorof, hal.65
[6] Mukhtashor Jiddan, hal.13

2 komentar:

  1. Sands Casino | Play Online | Free Slot - Casino Review
    It's our mission to offer the greatest experience possible 제왕 카지노 for our guests. All of our online slots are 샌즈카지노 designed to make you feel like you're on a 카지노사이트 vacation in a

    BalasHapus